Sunday, January 17, 2010

Virus Toxoplasma bagi ibu hamil

Hewan Peliharaan seperti Kucing, anjing dan lain sebagainya adalah hewan kesayangan anda sebagai teman bermain dirumah ataupun dihalaman, Hewan peliharaan tersebut sering dianggap sebagai teman sejati oleh sebagian orang.


Tapi tahukah anda Hewan kesayangan tersebut bisa berdampak Negatif bagi kita semua terutama Ibu Hamil, Akhir - akhir ini ditemukan sebuah Virus yang berdampak langsung bagi para Ibu Hamil, Virus tersebut bernama " Virus Toxoplasma ", dan berhati - hatilah akan Virus tersebut.


Sebagai gambaran kami berikan informasi tentang Virus tersebut, mungkin dapat berguna bagi kita semua.


Virus Toxoplasma adalah firus yang proses penyebarannya melalui bulu binatang kesayangan anda, seperti kucing, anjing, dan lain sebagainya, atau juga bisa disebabkan karna makanan yang tercemar oleh tinja binatang peliharaan anda.

Beberapa ibu yang sedang hamil sering kali kurangnya mengetahui bahaya Virus Toxoplasma yang bisa menggangu bayi dalam kandungan tersebut. Proses penyebaran ini dikarenakan oleh bulu atau makanan yang tercemar tinja dari binatang peliharaan, yang menyebabkan Toxoplasmosis atau dalam dunia kedokteran adalah sebuah infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma yang menyerang jaringan syaraf.

Dampak yang diakibatkan dari virus tersebut memang cukup memberikan dampak pada bayi yang ada dalam kandungan, dalam hal ini memang sang ibu tidak merasakan dari efek virus tersebut melainkan akan dirasakan pada saat bayi tersebut lahir. Beberapa bayi yang mengidap virus tersebut akan mengalami beberapa gangguan pada pendengaran, pernafasan, gangguan hati, penglihatan bahkan hal terburuk bisa mengalami kebutaan, dan menyebabkan cacat bawaan disaat dalam kandungan.

Dalam proses gangguan syaraf akibat virus toxoplasma tersebut akan nampak pada bayi setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, meskipun beberapa diantaranya bayi yang terjangkit parasit tersebut lahir tanpa mengalami gangguan dalam arti lain 90% bayi yang terinfeksi lahir dengan normal dan 10% mengalami kuguguran akibat virus tersebut. Beberapa dokter kandungan pun menyarankan kepada para ibu hamil yang memelihara bintang seperti kucing atau anjing untuk melakukan pemeriksaan USG, untuk mencegah hal tersebut pada bayi dan jika indikasi tersebut ada pada hasil tes tersebut saat ini para dokter menyarankan untuk melakukan suntik untuk mengatasi virus dari parasit tersebut, meskipun biaya yang harus kita keluarkan untuk melakukan pencegahan tersebut cukup mengocek kantong kita.

Virus toxoplasma ini memang bukan hanya menyerang bayi, melainkan baik pria atau wanita dewasa juga dapat terjangkit penyakit dari parasit tersebut. Jika anda mengerti dampak dari penyakit tersebut ada baiknya jika anda sedang hamil atau mengandung untuk menghindari binatang peliharaan anda sejauh mungkin dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat.


sumber : http://www.harianku.com

No comments:

Post a Comment